Verizon Perbaiki P2P problem

Sunday, March 16, 2008 9:45 PM

Saat ini, Verizon sedang mencoba teknologi baru yang dinamakan P4P, yang melokalisasi transfer file melalui P2P. Dengan teknologi P4P, Verizon berkomunikasi dengan semua lokasi pemakai mereka, dan bukan mengambil file dari seluruh penjuru dunia. Singkatnya, sumber-sumber lokal lebih berperan dibanding yang ada di tempat yang nun jauh disana. Hal ini dapat mengurangi jumlah perhentian (hoops) dari rata-rata 5.5 ke 0.89!

Dengan demikian, Verizon bisa menghemat banyak sekali pengeluaran; dan yang lebih baik lagi, pengguna Verizon juga bisa mendownload file movie mereka 2x lebih cepat, bahkan 6x pada saat tertentu! Sangat menarik. Namun kemudian, muncul pertanyaan, akankah teknologi baru ini memberikan solusi kepada Comcast untuk meng-akselerasi "BitTorrent" nya?

Menurut Cynthia Brumfield dari IP Democracy:

"To accomplish the increased efficiencies, Verizon has to share information about its network with file-sharing companies, something that few other broadband service providers are probably willing to do."

George Ou dari ZDNet berpendapat bahwa Comcast tidak bisa menggunakan P4P meskipun mereka menginginkannya:
"What P4P can’t do however is alleviate last-mile congestion on shared medium last-mile networks. That means cable broadband and wireless broadband technology will not benefit from the innovations of the P4P working group and therefore must not be confused as a possible solution for Comcast. On a DOCSIS 1.1 cable broadband network, there is only 10 Mbps of shared upstream capacity amongst an average of 200 to 400 customers. Even DOCSIS 3.0 cable broadband can only support 120 Mbps of upstream capacity shared between 200 and 400 customers."

Verizon menanamkan modal di sebuah jaringan yang nyata (real network), Verizon membuka jaringan nirkabel, Verizon membiayai teknologi baru dan tidak menghambat teknologi untuk hanya sekedar membuat Hollywood senang.

Kedengaran menarik dan menjanjikan. Lalu dimana kita bisa mendaftar? Oopss.. kelupaan. Comcast adalah satu-satunya penyedia broadband di banyak daerah di Amerika...

Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

0 comments:

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates