Telur Paskah (Easter Eggs) di Software kuno

Sunday, March 23, 2008 5:29 PM

Salah satu even yang populer selama perayaan libur Paskah adalah berburu telur paskah (Easter Eggs) yang tersembunyi. Telur paskah yang disembunyikan oleh Easter Bunny atau kelinci paskah, atau Easter Beagle, tergantung pada kepercayaan masing-masing, bisa berupa telur matang yang diberi cat warna warni, atau telur plastik yang diisi barang-barang yang menarik.

Selama bertahun-tahun, para programmer sering memiliki 'batu permata kecil' yang tersembunyi di suatu program. Dari level Castle Wolfenstein di Doom sampai jalan simpang siur yang tersembunyi di Excel, kalau Anda tahu kombinasi kibord yang benar, Anda akan menemukan 'permata' itu di dalam setiap program yang Anda gunakan sehari-hari.

Sebagai contoh, galeri foto dari Greg Shultz ini menunjukkan Easter Eggs tersembunyi di Windows 3.1, Windows 95, dan beberapa produk Microsoft Office. Di bawah ini adalah sebuah Easter Egg tersembunyi di Windows 3.1 tentang Bill Gates.

BillGates in Win 31

Boleh dibilang, Easter Egg tersebut dilarang di software keluaran baru. Dengan 50 juta baris kode, Anda mungkin berpikir bahwa programmer menyembunyikan sesuatu di dalam Windows Vista, namun Microsoft menentangnya.

Jika Anda ingin melihat telur paskah yang dimasukkan di dalam software, kunjungi site ini The Easter Egg Archive, yang berisi daftar lebih dari 5000 Easter Egg yang disisipkan di software dan video game serta ribuan tempat-tempat lain.

Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

0 comments:

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates