Cina blok YouTube untuk Sensor Demo di Tibet

Tuesday, March 18, 2008 9:48 PM

Pengguna internet di Cina melaporkan kalau mereka tidak dapat mengakses YouTube.com sejak hari Minggu lalu. Ini terjadi setelah puluhan video amatir yang menyiarkan kekerasan di ibukota Tibet, Lhasa, diposting di situs video-sharing yang sangat populer tersebut.

Kutipan dari Wired blog:

Bloking tersebut menambah deretan usaha dari pemerintah komunis Cina untuk mengontrol apa yang bisa dilihat dan didengar masyarakat tentang protes yang terjadi hari Jumat di ibukota Tibet, Lhasa, menentang peraturan pemerintah Cina. Akses ke YouTube.com, yang biasanya dapat diakses dengan bebas di Cina, ditutup, setelah banyak video muncul di disitus tersebut pada hari Sabtu, menampilkan berita luar negeri tentang demonstrasi di Lhasa, foto-foto dan suasana di negara-negara lain yang berhubungan dengan protes di Tibet.

Reporter Rick Martin, yang melaporkan dari Cina melalui CNET, menampilkan gambar di bawah ini sebagai bukti blokade terhadap YouTube.com tersebut.

Hal ini adalah pertama kalinya YouTube mengalami blokade. Baru saja bulan lalu, pemerintah Pakistan meminta untuk menutup situs tersebut karena merasa tidak senang dengan salah satu video di dalamnya. Kejadian itu menyebabkan YouTube tidak terakses secara global.

Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

0 comments:

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates