Polling: RSS feeds Ringkasan, Sebagian (partial) atau Full teks

Monday, March 31, 2008 9:17 PM

Sulit buat menentukan bentuk RSS feeds gimana yang bakal aku pasang di blog ini waktu pertama kali daftar ke Feedburner. Situs FeedBurner memang memberikan fitur khusus buat blogger yang ingin memancing curiosity dari pembacanya:

Sometimes you just want to be a tease. Offer a short summary of your hyperlink-free content and direct your subscribers to your Web site for the rest of the story

Secara psikologis, memang manusia merespon dengan cepat setiap 'teaser' semacam ini, karena pada dasarnya, rasa keingintahuan manusia itu gede banget. Jadi menurut aku, feeds yang short ini yang lebih aku pilih karena pasti akan menggugah rasa ingin tahu dari pengunjung dan pada akhirnya berakhir pada suatu Subscription. Berdasar alasan itulah, aku putusin untuk pilih tipe short summary feeds (cuma menampilkan sekitar 200 karakter dari postingan) ini.

Seiring waktu berjalan, dan semakin banyak juga artikel yang aku baca, ternyata banyak juga para blog readers yang lebih 'demen' baca feeds yang full teks. Hal ini juga aku buktiin sendiri sewaktu baca feeds lewat Google Reader, untuk posting komentar atau ambil link dari suatu blog, aku tetep aja harus klik link di feeds untuk mengunjungi halaman blog tersebut agar bisa ngeliat secara komplit suatu artikel.

So, untuk menjembatani kedua kasus ini, aku berpikir untuk membuat suatu partial feeds, dimana feeds akan ditampilkan lebih panjang dibanding summary feeds, mungkin sekitar 4-5 paragraf pertama, namun tetap tidak menampilkan seluruh isi artikel. At least, para reader cukup terpuaskan dengan membaca sebagian dari artikel dan bisa memberi komentar, menaruh link back ataupun aktivitas lainnya melalui RSS reader tanpa mesti mengunjungi original blog.

Berhubung blog ini masih lumayan baru, i think it will not hurt untuk minta masukan dari rekan-rekan blogger lewat Poll yang ada di sebelah kanan posting ini. Feel free to vote and thanks a lot buat yang udah ikutan voting.

Please don't forget to leave some comments for this post.

Thanks folks :)

Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

1 comments:

Baka Kelana said...

Pilih yang terbaik aja Bos

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates