10 Cara Mempopulerkan Website Anda

Sunday, March 16, 2008 3:50 PM

Semua orang yang memiliki situs web pasti menginginkan web mereka menjadi lebih populer. Membaca dan bekerja dengan situs web populer setiap hari kadang-kadang saya merasa ‘living in a bubble’, di mana semua orang mempunyai ranking yang bagus di search engine dan semua website nampak begitu indahnya. Oleh sebab itu baik juga untuk kadang-kadang melihat bagaimana sebuah situs web yang ‘normal’ bisa memperbaiki tingkat popularitasnya.

Desain yang baik – Beberapa orang mungkin berpikir, desain bukanlah segalanya. Namun, desain adalah salah satu aspek pokok untuk menanamkan kepercayaan kepada pengunjung tentang website kita. Oleh sebab itu anda perlu menyusunnya sebaik mungkin.

Belajarlah tentang USABILITY (kegunaan) – memiliki situs web dengan desain terbaik di dunia akan menjadi sangat tidak berguna jika pengunjung tidak bisa menggunakannya dengan nyaman. Duduklah di belakang keluarga atau teman yang tidak begitu paham tentang internet dan lihatlah mereka bermain-main dengan navigasi situs Anda dan mungkin membeli sesuatu dari toko online Anda. dan Jika mereka merasa tidak nyaman dan ‘menderita’ selama browsing, mungkin Anda perlu berpikir untuk memperbaiki Usability dari situs web Anda.

Buatlah situs web yang berguna – mungkin kedengarannya sederhana tetapi mempunyai situs web bukan saja untuk mengenalkan kepada orang-orang tentang perusahaan/bisnis/diri Anda. Untuk menjadi populer, yakinkan bahwa situs web anda benar-benar berguna untuk setiap pengunjung yang melihatnya. Jika setiap pengunjung yang terinspirasi dengan web anda memberi anda Link Back atau memberi tahu teman mereka, maka lalu-lintas (traffic) situs anda pasti akan meningkat dengan pesat.

Terus meng-Update – jika perusahaan tidak peduli untuk menjaga situs web anda agar tetap diperbarui sedikitnya satu kali setahun, saya pasti tidak akan mengunjunginya. Broken Links, berita yang ketinggalan jaman dan kalimat “Copyright 2003” sudah pasti tidak akan dapat menggairahkan saya.

Aktual – hanya karena anda adalah seorang pedagang eceran itu bukan berarti anda bisa mengabaikan berita terkini dan terbaru. Mempunyai blog mungkin tidak terpikr oleh kebanyakan perusahaan tetapi anda sebaiknya mempunyai kolom khusus Berita untuk menerbitkan informasi perusahaan dan respon untuk topik-topik yang populer saat ini.

Kelola reputasi Anda – menanggapi pembaca/komentar pelanggan merupakan hal pokok untuk membangun citra perusahaan anda sebagai perusahaan yang peduli akan yang orang katakan mengenai anda. Anda juga bisa mendayagunakan kritik dari pengunjung untuk membuat situs web anda lebih baik.

Ketahui segala sesuatu tentang Internet – sangat sulit untuk mencoba menerangkan pada perusahaan yang sudah berdiri cukup lama mengapa mereka perlu memperhatikan gaung dari internet marketing tanpa mereka bertanya tentang ‘apakah links itu?’ atau ‘apa gunanya blog?’. Mengetahui bagaimana gagasan atau ide-ide menyebar lewat forum dan blog adalah suatu keharusan bagi webmaster untuk mengerti tentang pemasaran online.

Jadilah Kontroversi – mempunyai situs bisnis yang membosankan, tidaklah selalu cara terbaik untuk menjadi populer. Sewaktu-waktu, anda perlu mengejutkan 95% orang di dunia hanya untuk mendapat perhatian sebanyak 5% dari mereka. Bagaimanapun juga, mempunyai 5% dari penduduk yang mencintai situs Anda bukanlah suatu cita-cita yang buruk untuk dicapai.

Menarik – Kadang, sebuah situs dapat menghalalkan segala cara dan tetap meraih sukses. Salah satu karakter yang mereka miliki adalah ‘MENARIK’. Banyak sekali isi web yang membosankan dan sekali lagi, situs yang Menarik, Menggairahkan, dan Lain Daripada yang Lain merupakan cara untuk diperhatikan.

Ketahui Seluk-Beluk Google – pernahkah Anda berpikir mengapa suatu situs berada di posisi yang tinggi di Google, sementara situs lain hanya berada di halaman 4 dari hasil Google Search? Itu karena pemilik situs tahu bagaimana Google bekerja. Luangkan waktu beberapa hari untuk membaca Google official guidelines dan buat situs Anda mengikuti semua aturan yang ada di dalam dokumen Google tersebut untuk mengoptimalkan web Anda. Bersiaplah terkejut karena Anda akan melihat perbedaan yang sangat sangat jauh!

Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

0 comments:

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates