Google Rilis AJAX Translation API

Friday, March 21, 2008 8:17 PM

Google telah merilis banyak sekali API akhir-akhir ini – dan yang terbaru adalah AJAX Translation API. Ini berarti, para webmaster bisa memfasilitasi para pengunjung untuk menerjemahkan dan mendeteksi bahasa on-the-fly.

Contoh yang menarik bisa dilihat pada kotak komentar di sebuah blog yang menampilkan pesan peringatan dengan segera ketika pengguna menulis sesuatu dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Atau, yang lebih menarik lagi, komentar yang secara otomatis diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, sehingga sebagian besar pembaca bisa memahami kometar tersebut.

Beberapa contoh yang mendorong Google untuk memamerkan API ini:

· Penerjemah Langsung (Real-time language translation) – Cobalah menulis sesuatu di textbox dan tulisan Anda dengan segera akan diterjemahkan pada saat tombol “Translate” ditekan.

· Pendeteksi bahasa (Language detection) – Jika Anda menguasai beberapa bahasa asing, atau bisa menemukan bahasa asing di web dan meletakkannya ke textbox, maka aplikasi ini akan memberitahu Anda bahasa apa yang dia pikirkan, dan seberapa yakin aplikasi itu mengenalinya.

Fitur-fitur dari kedua contoh di atas bisa dijadikan pondasi untuk banyak sekali aplikasi yang sangat menarik di dunia nyata. Very cool!!

Google juga telah merilis beberapa tipe diagram (chart) baru untuk Google Chart API, yang mencakup:

Radar Chart


Sparklines


Map Chart


Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

0 comments:

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates