Menghilangkan Password dan Membuka Proteksi File PDF Tanpa Harus Mengetahui Rahasia Apapun

Saturday, May 17, 2008 11:03 AM

Dokumen PDF dapat dilindungi (protect) atau dikunci (locked) dengan memberi password untuk menjaga keamanan dan privasi dengan membatasi orang lain membuka PDF file tersebut menggunakan software pembuat PDF (PDF creator), atau dengan membatasi pembaca untuk memodifikasi, mencetak, meng-copy atau mengekstrak teks dan grafik dari PDF tersebut. Pada kasus dimana mencetak dokumen (print) dimungkinkan namun tetap tidak diperkenankan untuk meng-copy nya, ada suatu trik yang bisa dipakai untuk membuka kunci (unlock) dan membuang proteksi password.

Menghilangkan password seperti ini sangat berguna jika Anda memiliki hak secara hukum atau pemilik sah dari suatu dokumen PDF, dan Anda lupa akan password file Anda. Perlu diperhatikan bawah proses ini hanya dapat menonaktifkan proteksi password jika file PDF tersebut tidak dapat dimodifikasi, di-copy dan paste, tetapi tetap memungkinkan untuk menge-print nya.

Untuk menghilangkan password PDF file, coba untuk mencetak/mengeprint dokumen PDF ke PDF printer atau menyimpan file PDF itu sebagai file baru. Dan seperti yang Anda duga, file baru itu akan terbebas dari proteksi password. Namun, perlu dicatat bahwa dokumen PDF yang baru tersebut biasanya akan menganggap semua teks di dalamnya sebagai gambar/grafik.

Jika Anda belum memiliki software PDF printer atau PDF creator, silakan download dan install PrimoPDF yang akan menginstall sebuat PDF virtual printer.

Tertarik dengan artikel ini? Silakan Subscribe dan Add to Technorati Favorites.
Kalo kamu lebih suka baca artikel lewat email, subscribe lewat Email dan artikel-artikel terbaru akan segera terkirim ke email Anda.
Tertarik gabung dengan komunitas ITEKNOers? Klik aja Join My Community at MyBloglog!

1 comments:

AnnadainiN said...

tips mantab, patut dicoba!

Sponsored Links

Adsense Indonesia

Masukkan Code ini K1-6B6655-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
dealdotcom
Fresh Blogger Templates